KEBUN RAYA MASSENREMPULU ENREKANG

0 komentar
Di Jawa Barat ada Kebun Raya Bogor yang terkenal ke seluruh dunia, Sulawesi Selatan kelak akan terkenal dengan Kebun Raya Massenrempulu Enrekang, di Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang. Dikelola Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kehutanan Enrekang. Dibangun atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Enrekang dengan Lembaga Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), kebun raya ini memiliki 99 jenis flora khas Sulawesi yang tengah dikembangbiakkan, beberapa di antaranya tanaman langka.
Pada Tanggal 14 Maret 2007 dilakukan Penanaman Perdana Koleksi Kebun Raya Enrekang oleh Bapak Bupati Kabupaten Enrekang Ir. Haji Latinro Latunrung bersama dengan unsur muspida Kabupaten Enrekang dan tanggal 14 Maret 2007 ditetapkan sebagai Hari Jadi KEBUN RAYA MASSENREMPULU ENREKANG, dibangun sebagai pusat pendidikan, penelitian, dan pariwisata.
Berawal  dari respon atas Surat Edaran Menteri Riset Teknologi No. 77/M/VIII/2004, dalam kutipan surat edaran menteri Riset dan Teknologi berbunyi ” Kepada Semua Gubernur agar propinsi yang ada di Indonesia memiliki Kebun Raya untuk melestarikan dan menyelamatkan tumbuhan asli disetiap daerah yang ada di Indonesia”.
Pengembangannya bertujuan untuk menjaga habitat flora khas Pulau Sulawesi, wisata alam, berkemah dan penelitian ini, sudah ramai dikunjungi warga dari Kab.Enrekang khususnya pelajar maupun dari luar Kab.Enrekang. Pohon-pohonnya sudah tumbuh dengan tinggi rata-rata 1-3 meter. Terletak 211 kilometer dari Makassar, kebun raya ini bisa menjadi yang terbesar di Indonesia, jika sudah tergarap maksimal yaitu seluas 300 hektar, dalam kurun waktu enam tahun terakhir telah mengoleksi 8.190 spesies tanaman, dan dari jumlah tersebut 1.709 spesies di antaranya adalah tanaman endemik asli Sulawesi.
Untuk dapat memanfaatkan Kebun Raya Enrekang secara maksimal, tidak hanya membutuhkan waktu yang cukup panjang, tapi juga membutuhkan dana yang tidak sedikit, yakni mencapai Rp 600 miliar dengan Luas Lokasi 300 Hektar.

 Master Plan

Ini juga menjadi prestasi tersendiri bagi warga dan Pemerintah Kabupaten Enrekang yang mencanangkan menjadi salah satu Kota Agropolitan di dunia. Dibawah pimpinan Bapak Bupati Kab.Enrekang  Ir. H.Latinro Latunrung, sekarang telah mengalami banyak kemajuan dan banyak prestasi yang telah diraih baik pribadi maupun kolektif. Semoga apa yang dilakukan oleh beliau diakhir-akhir periode masa jabatannya bisa menjadi tolak ukur dan jangan dijadikan beban bagi para calon-calon penggantinya kelak.
Maju terus Massenrempulu……….

Kalo ada kesalahan informasi pada artikel ini tolong ditulis dalam kolom komentar, trim’s.

Diolah dari berbagai sumber

Leave a Reply

Ada kesalahan di dalam gadget ini