Format File Apa yang Paling Bagus Buat Menyimpan Foto

0 komentar

Kebanyakan kamera digital modern memberikan pilihan format file saat menyimpan foto anda. Ini sangat membantu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing format file foto sehingga anda dapat membuat keputusan terbaik pada format file untuk menyimpan foto anda.

Sebuah foto standar yang diambil dengan kamera 4,3 megapixels memiliki 4,3 juta pixels kecil, atau potongan informasi, yang terdiri dari foto.
Masing-masing potongan perlu menyimpan nilai warna merah, hijau dan biru sehingga warna pixel dapat diciptakan oleh sebuah komputer atau printer. Setiap nilai warna mencatat komposisi warna pada skala 1-256. Setiap pixel memerlukan tiga byte untuk menyimpan tiga nilai warna, dan ada 4,3 juta pixels. 4,3 juta kali 3 adalah sekitar 13 juta byte,atau 13 Megabyte.

Jika foto masing-masing mengambil 13 Megabyte penyimpanan, anda akan kehabisan ruang cukup cepat pada kartu memori anda! Jadi format file yang digunakan untuk menyimpan foto yang mengkompres foto ke ukuran yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.JPEG/JPG
JPEG, atau format JPG diciptakan untuk membantu membuat ukuran foto lebih mudah dikelola. JPEG adalah format yang paling populer digunakan dalam kamera digital saat ini karena itu format yang sederhana dan serbaguna, dan didukung oleh semua perangkat lunak image yang berhubungan.

JPEG bekerja dengan mengkompres/memadatkan foto ke ukuran yang lebih kecil dengan mengorbankan beberapa kualitas foto. Biasanya anda tidak akan melihat perbedaan karena format JPEG melihat foto dan hanya menghapus informasi yang dapat diciptakan kembali dengan melihat pixels yang berdekatan ketika foto ditampilkan lagi.
Anda dapat menentukan jumlah kompresi dengan foto JPEG. Kamera anda biasanya akan memiliki pengaturan kualitas – rendah, sedang atau tinggi. Rendahnya kualitas meningkatkan kompresi JPEG, dan meskipun foto anda akan lebih kecil, namun tidak akan terlihat baik.
TIFF Terkompresi
TIFF merupakan format file yang populer karena masih support kompres foto, ia melakukannya dengan cara untuk memastikan bahwa foto selalu bisa dipulihkan secara utuh. Tidak ada penurunan kualitas foto. Ini bekerja dalam cara yang sama seperti file ZIP di komputer. Mereka dikompresi, tetapi anda selalu bisa mendapatkan file asli kembali.
RAW
Gambar disimpan dalam format RAW persis seperti bagaimana kamera ‘melihatnya’. Tidak ada pengolahan pun dilakukan oleh kamera sebelum foto tersebut disimpan. Ini adalah salah satu keuntungan utama dari RAW.
Seperti dikatakan di atas bahwa setiap kekuatan nilai warna disimpan pada skala 1-256. Kamera modern sebenarnya dapat mendeteksi lebih dari 256 tingkat kekuatan. Tetapi sejak TIFF dan format JPEG tidak memungkinkan lebih dari jumlah itu, kamera membuang informasi tambahan. Format RAW menyimpan kekuatan ekstra tingkat ini menghasilkan foto yang lebih baik dengan tingkat kontras lebih.

Ada keuntungan lain – kamera tidak mengkoreksi exposure atau white balance sebelum menyimpan dalam format RAW. Berarti anda memiliki kontrol utama dalam manipulasi foto dengan photoshop sehingga foto anda tampak persis bagaimana anda inginkan untuk dilihat.
Foto RAW tidak menggunakan kompresi apapun sehingga mereka berupa file besar dan membutuhkan waktu lama untuk menyimpan dan menyalin. Juga, tidak ada standar RAW tunggal untuk semua kamera, sehingga anda biasanya akan perlu untuk menggunakan perangkat lunak produsen kamera anda untuk membaca file RAW.Format file apa yang harus anda gunakan?
Sementara TIFF dan RAW memang memberikan anda foto yang superior, tidak perlu berpikir kerumitan ukuran file yang jauh lebih besar yang layak kecuali anda harus benar-benar menghasilkan cetakan besar dan tajam. Atau berada dalam situasi pencahayaan yang sulit. Bukan hanya foto memakan waktu lebih lama untuk menyimpan, tetapi anda harus membeli kartu memori yang lebih besar dan lebih mahal, sebuah hard drive yang lebih besar, dan CD untuk membackup.
Format JPEG adalah yang paling populer. JPG memberikan ukuran foto yang jauh lebih kecil tanpa kehilangan banyak kualitas. Lebih baik menggunakan format JPEG dan diatur ke kualitas foto yang paling tinggi pada kamera anda.
Smoga bermanfaat

Leave a Reply

Ada kesalahan di dalam gadget ini